Seiring kemajuan teknologi, semakin hari konsumen menjadi semakin pintar dalam mendapatkan informasi. Internet memudahkan konsumen untuk membanding-bandingkan antara loyalty program brand yang satu dengan yang lainnya. Nggak heran jika kemudian konsumen mudah berpindah dari brand yang satu ke brand yang lainnya.

Bagi perusahaan, nilai loyalitas konsumen menjadi semakin tinggi, karena biaya untuk menjual produk ke konsumen baru bisa mencapai 5-25 kali lebih mahal daripada menjual ke konsumen yang sudah ada. Hal tersebut yang menyebabkan semakin banyak perusahaan yang berperang untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen mereka dengan berinvestasi di loyalty program.

Apa itu loyalty program?

Merupakan sebuah program yang diadakan oleh brand tertentu dan ditujukan untuk menghargai para konsumen yang sudah melakukan pembelian berulang kali terhadap brand tersebut. Penghargaan dapat diberikan dalam beberapa bentuk seperti merchandise, hadiah jalan-jalan ke daerah tertentu gratis atau mendapatkan poin reward, kupon (gift card, diskon, atau voucher), hingga berbagai privilege lainnya seperti pemberitahuan peluncuran produk baru hingga mendapat keistimewaan ketika mengantri.

Apa keuntungan loyalty program ini bagi para konsumen?

  • Dengan bergabung ke dalam loyalty program, konsumen akan dapat merasakan eksklusifitas pelayanan yang nggak bisa didapatkan oleh orang lain.
  • Konsumen merasa dihargai atas loyalitas mereka terhadap suatu brand.
  • Konsumen biasanya dapat membayar produk atau layanan yang sama dengan harga yang lebih rendah.
  • Konsumen akan merasa bangga karena dapat merasakan keuntungan yang nggak bisa dirasakan oleh orang lain.
  • Konsumen akan mengalami pengalaman yang lebih baik saat melakukan transaksi dengan brand tersebut.

Tertarik untuk bergabung dengan loyalty program? Jadilah konsumen yang setia dari sekarang agar dapat menikmati keuntungan yang ditawarkan secara maksimal.