Menu & Search
Melihat Harga Tiket Pesawat yang Sudah Turun

Melihat Harga Tiket Pesawat yang Sudah Turun

Harga tiket pesawat yang menjadi perdebatan panjang, nampaknya sudah mendapatkan titik temu antara pihak perusahaan penerbangan dengan pemerintah. Namun apakah penurunan harga tiket ini bisa berdampak kepada masyarakat luas?

Pada beberapa waktu yang lalu, pemerintah dan maskapai telah sepakat menentukan besaran penurunan harga tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) sebesar 50% dari tarif batas atas pada hari dan jam tertentu. Pada konferensi pers usai Rapat Koordinas Tingkat Meteri mengenai Evaluasi Kebijakan Penurunan Tarif Angkatan Udara, Senin (8/7), Susiwijono menginformasikan jadwal penerbangan tiket murahnya.

“Penerbangan murah disediakan oleh pemerintah untuk jadwal keberangkatan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00 sampai dengan 14.00 untuk penerbangan LCC domestik tipe pesawat jet, dengan memberikan penurunan tarif 50% dari TBA LCC, untuk alokasi seat 30% dari total kapasitas pesawat,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono.
Kebijakan yang ditetapkan pemerintah guna menyediakan penerbangan murah LCC domestik jadwal tertentu, adalah sebagai berikut:
Jadwal Penerbangan:
  • Untuk Citilink sejumlah 62 flight per hari (selasa, kamis, dan sabtu) dengan total saat ini 3.348 seat.
  • Untuk Lion Air Group sejumlah 146 flight per hari (selasa, kamis, dan sabtu) dengan total saat ini 8.278 seat. Kebijakan ini akan mulai efektif pada hari kamis tanggal 11 Juli 2019

Pemerintah hanya meminta perusahaan Citilink dan Lion Air untuk menurunkan harga tiket penerbangannya. Sementara AirAsia Indonesia tidak diminta pemerintah untuk menurunkan tiketnya karena tarif AirAsia sudah berada di bawah 50 persen TBA.

Bila dilihat skema penurunan tiket yang hanya 3 hari dalam seminggu yaitu Selasa, Kamis, dan Sabtu pada jam tertentu, tidak terlalu signifikan. Hal ini karena, skema ini sama dengan promo pada hari dan jam tertentu saja.

Sebelum kamu berpikir hal lain, yuk kita bandingkan harga tiket sebelum turun dengan yang sudah turun. Untuk artikel harga tiket sebelum turun lihat “Melihat Harga Tiket Pesawat Sebelum Turun (Lagi)”. 

 

Pesawat/Tujuan Jakarta-Yogyakarta Jakarta-Surabaya Jakarta-Denpasar
AirAsia Rp611.235 Rp542.980 Rp890.635
Citilink Rp472.050 Rp615.573 Rp738.993
Lion Air Rp536.400 Rp711.300 Rp842.200

Setelah saya mencari harga untuk destinasi Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Denpasar di situs web AirAsia, Citilink, dan Lion Air, harga yang diberikan perusahaan penerbangan memang ada penurunan namun tidak setiap hari dan pada jam tertentu saja.

Bahkan ada maskapai yang menjual harga tiket tidak beraturan harinya atau tidak setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Penurunan ini memang sangat berguna bagi masyarakat, namun di lain sisi, tidak signifikan karena kamu harus mencari tiket murah pada hari dan jam tertentu.

AirAsia

Citilink

harga tiket pesawat

Lion Air

harga tiket pesawat

harga tiket pesawat

harga tiket pesawat

Untuk informasi lain terkait loyalty program, yuk baca artikel lainnya di Loyal Hackers!

Share

0 Comments