Setelah membicarakan tentang loyalty program, yang paling adalah membicarakan tentang poin dan miles. Loh kenapa? Karena poin dan miles yang membuat loyalty program menjadi menarik. Jadi artikel ini didedikasikan bagi kalian yang ingin mengerti lebih dalam mengenain rewards loyalty program (poin dan miles).

Tim Loyal Hackers sering banget dapat pertanyaan dari para pembaca kayak gini:

  • Poin dan Miles itu apaan sih?
  • Emang poin dan miles gw bisa dipake buat apaan?
  • Gimana sih caranya terbang atau nginep di hotel mewah pake poin?
  • Kok bisa terbang business class atau first class terus?
  • Emang poin kartu kredit bisa dipake buat apa?
  • Kalau jarang terbang, gimana cara ngumpulin mileage?

Di artikel ini bakal kita bahas satu-satu ya. Yuk, kita mulai dari pertanyaan pertama ya

Poin dan miles itu apaan sih?

Poin dan miles sebenarnya adalah sejenis cashback (dalam bentuk yang berbeda) yang diberikan oleh airlines atau hotel atau bank penerbit kartu kredit atau retailer. Fungsinya mirip dengan uang, bisa digunakan untuk membeli produk lagi, contoh tiket pesawat terbang atau kamar di hotel atau produk-produk lainnya.

Triknya adalah karena fungsinya seperti uang, kita harus berhati-hati saat akan membelanjakannya. Semakin mahal barang yang kamu beli, maka akan semakin tinggi juga value poin mu.

Points value adalah hal yang sering kali dilupakan oleh banyak orang. Mereka berpikir poin atau miles tersebut didapatkan secara cuma-cuma, sehingga juga dapat dibelanjakan secara suka-suka. Points value dapat dimaksimalkan dengan cara semakin mudah/murah cara mendaptkannya dan dengan menukarkannya dengan barang-barang yang berharga mahal seperti tiket pesawat business/first class atau kamar di hotel mahal.

Emang poin dan miles gw bisa dipake buat apaan?

Bisa buat macem-macem dong. Seperti yang sudah kita jelaskan sebelomnya, poin dan miles kalian bisa dipakai untuk membeli berbagai jenis barang, mulai dari beli tiket pesawat, menginap di hotel bintang lima, sampe buat bayar iuran tahunan kartu kredit. Tinggal pintar-pintarnya kita dalam menggunakannya.

Sudah menjadi kebiasaan tim Loyal Hackers untuk terbang atau menginap di hotel berbintang hanya dengan menggunakan poin dan miles. Kami pernah terbang business/first class beberapa airlines terbaik di dunia seperti, Singapore Airlines, Japan Airlines, ANA, Garuda Indonesia, EVA Air, China Airlines, Cathay Pacific, sampai low cost carrier seperti AirAsia.

Menginap di hotel bintang 5 juga bukan lagi sekedar impian, mulai dari menginap di Holiday Inn, Alila, Hyatt, Hilton, sampai hotel-hotel top tier seperti Intercontinental dan Waldorf Astoria. Semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan poin dan miles.

Gimana sih caranya nginep di hotel mewah atau terbang business/first class pake miles?

Pertama-tama pastinya harus apply ke loyalty program yang dimiliki oleh hotel tempat kalian akan menginap.

Atau apply ke frequent flyer program dari airlines yang ingin kalian naiki

Setelah itu, pilihlah kartu kredit yang dapat memberikan reward berupa poin yang terbaik ke kamu. Contoh: Citi Premier Miles Visa Signature memberikan 1 poin untuk setiap Rp. 8750,- sedangkan UOB PrviMiles memberikan 1 poin untuk setiap Rp. 8000,-. Maka dapat disimpulkan akan lebih menguntungkan bertransaksi menggunakan UOB PrviMiles.

Setelah menetukan kartu kredit yang akan kamu pakai untuk bertransaksi, fokuskan semua transaksi kalian di satu kartu kredit tersebut. Banyak pemula yang melakukan kesalahan dengan mengumpulkan poin di beberapa kartu kredit, hal ini akan sangat merugikan karena setiap kartu kredit memberikan poin  dengan rate yang berbeda-beda. Jadi fokus! Kecuali limit kartu kredit kamu tidak mencukupi ya.

Setelah kamu mencapai target poin kamu, tinggal ditransfer aja poinnya ke mileage airlines tertentu atau ke loyalty program hotel tertentu. Setalah proses transfer selesai, kamu bisa langsung redeem di loyalty program hotel tersebut atau tiket pesawat yang kamu inginkan. Detailnya bisa dilihat di artikel-artikel Loyal Hackers ya.

Kok bisa naik business/first class terus?

Caranya cuman satu, nabung poin yang banyak dari kartu kredit. Jadi kalau bisa, kalian setia bertransaksi dengan kartu kredit ya, karena bisa dapet poin yang bisa dipakai buat beli macem-macem.

Emang poin kartu kredit bisa dipake buat apa?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa buat macem-macem, makanya rajin-rajin nabung yang guys. Eits nabung poin ya, bukan nabung utang, utangnya mesti dibayar pas gajian dong.

Kalau jarang terbang, gimana cara ngumpulin mileagenya dong?

Tenang, banyak jalan menuju Roma. Mileage bukan hanya dapat dikumpulkan dengan cara terbang bersama airlines tertentu, tapi juga bisa dikumpulkan dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit tertentu. Cara ini lebih ampuh daripada sering-sering terbang, kalau sering-sering terbang rugi bandar dong.

Cara kedua adalah dengan cara mencari cara tambahan untuk mendapatkan mileage, misalnya grab poin kalian bisa ditukarkan menjadi mileage GarudaMiles atau KrisFlyer Miles. Ada lagi, kalau kalian pesen hotel dari Agoda, Agoda juga punya program Agoda PointsMax yang bisa memberikan mileage untuk setiap transaksi di Agoda.

Cara ketiga adalah dengan cara membeli mileage di airlines atau points di loyalty program hotel yang kamu inginkan. Yang perlu diperhatikan adalah airlines parteners yang bekerjasama dengan loyalty program hotel tersebut, semakin banyak semakin bagus. Kenapa? Karena artinya kamu memiliki kebebasan yang semakin besar saat akan meredeem poin yang kamu punya.

Kesimpulan

Pada kesimpulannya, masih banyak orang yang kurang mengerti apa gunanya poin dan miles. Pada kenyataanya, poin dan miles sudah seperti uang yang memiliki potensi yang sangat besar unutk membeli berbagai jenis barang. Hebatnya beberapa barang belum tentu bisa dibeli dengan uang, seperti tiket business/first class yang harganya lumayan fantastis, tapi bisa dibeli dengan menggunakan poin dan miles.

Loyal Hackers sebagai Indonesia’s first poin-hacking source, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu menjembatani information gap antara konsumen dengan penyedia loyalty program. Loyal Hackers akan berusaha sekuat tenaga menerbitkan berita-berita terkemuka serta tips and tricks untuk membantu kalian memaksimalkan poin dan miles kalian.

Share