Semakin lama semakin banyak orang yang punya hobi traveling. Tren ini semakin didukung oleh banyaknya pilihan hotel dan penerbangan murah belakangan ini, jadi traveling jauh lebih terjangkau. Tapi semurah-murahnya budget airlines dan hotel, para traveller masih harus mengeluarkan biaya. Intinya traveling nggak bisa gratis!

Meski demikian, faktanya ada cara untuk mengakali biaya yang harus dikeluarkan, yaitu dengan menjadi Points Hacker. Dengan menjadi Points Hacker, biaya perjalanan dan penginapan dapat ditekan, bahkan sangat memungkinkan untuk mendapatkan upgrade secara cuma-cuma.

Points Hacker sendiri merupakan orang-orang yang sering mengulik peraturan-peraturan yang diterapkan oleh maskapai penerbangan, penyedia kartu kredit, dan hotel untuk memaksimalkan perolehan poin dari setiap transaksi yang dilakukan.

Disebut hacker karena mereka dapat menemukan cara untuk mendapatkan poin lebih banyak dari yang seharusnya. Hal ini akan sangat menguntungkan, ketika points hacking menjadi bagian dari gaya hidupnya. Keuntungan-keuntungan yang menggiurkan ini pula yang menyebabkan praktek ini sudah sangat lazim dilakukan di luar negeri.

Menjadi seorang points hacker sangat mudah, nggak membutuhkan pelatihan khusus atau sertifikasi dari organisasi tertentu. Cukup dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai kartu kredit, loyalty program, dan website-website yang bekerja sama dengan penyedia program dan kartu kredit tersebut. Setelah semua informasi terkumpul, mulai lah membuat strategi dan melakukan setiap transaksi berdasarkan strategi tersebut.

Beberapa langkah awal yang bisa dilakukan untuk menjadi Point Hacker:

  • Daftar ke banyak loyalty program yang sesuai dengan hobimu. Contohnya, bagi kamu yang hobi makan di luar, menjadi member di Ismaya Lifestyle Card tentu akan sangat menguntungkan.
  • Mencoba mendapatkan kartu kredit yang bekerja sama dengan program yang kamu mau. Contoh, bagi kalian-kalian yang hobi traveling, pilihlah kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai tertentu, misalnya Garuda Indonesia (co branded). Pengumpulan poin jadi lebih cepat lalu dapat kamu tukarkan dengan mileage Garuda.
  • Rajinlah bertransaksi dengan kartu kredit tersebut dan jangan lupa untuk memberitahukan ID membership kamu, agar poin-poin yang kamu dapatkan bisa terkumpul dengan cepat di account kamu.
  • Sering browsing dan subscribe ke newsletter tentang program-program promosi yang diadakan oleh penyedia loyalty program.
  • Jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan setiap kesempatan mendapatkan point yang ada, terutama saat sedang ada promo bonus poin.
  • Tetap setia terhadap brand tersebut agar posisi membership kamu bisa naik tingkatan selanjutnya. Biasanya semakin tinggi tingkatan kamu, maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, seperti upgrade gratis atau pelayanan yang lebih baik.

Collecting points is not a sprint, it is a marathon. Stay loyal to the brand, guys!