Menu & Search
Membandingkan Situs Akomodasi Mulai Airy Rooms hingga Airbnb, Mana yang Terbaik?

Membandingkan Situs Akomodasi Mulai Airy Rooms hingga Airbnb, Mana yang Terbaik?

Di zaman serba digital kini, kamu nggak perlu bingung dan ribet untuk booking penginapan. Beberapa tahun belakangan, ada banyak banget situs akomodasi dan penginapan hemat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Bingung membandingkan antara Airy Rooms, OYO, sampai Airbnb? Cek di sini ulasan detailnya satu per satu!

1. Airy Rooms

situs akomodasi
Via – airyrooms

Buat kamu yang cari penginapan dengan budget hemat, Airy Rooms bisa jadi pilhan yang cocok karena menawarkan banyak promo dan potongan harga hingga 80% setiap bulannya.

Kamu bisa memilih 3 kategori penginapan yang membedakan harga dan fasilitas hotel, yaitu: Airy Eco, Airy Standard, dan Airy Premier. Harga paling terjangkau bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 150 ribu saja.

Situs akomodasi yang satu ini memberikan jaminan kenyamanan seperti Wifi, Tempat Tidur Bersih, Perlengkapan Mandi, Air Hangat, Air Conditioner, Snack+Air Minum, dan TV flat.

Hal ini dikarenakan Airy merupakan Virtual Hotel Operator (VHO) yang tidak hanya menyediakan situs pemesanan hotel namun juga ikut mengelola dan mengatur semua penginapan yang bermitra dengan mereka. Di Indonesia, pilihan hotel budget di Airy Rooms lebih banyak daripada Zen Rooms maupun RedDoorz.

2. RedDoorz

situs akomodasi
Via – concept news central

Situs akomodasi RedDoorz sebagai Virtual Hotel Operator (VHO) memiliki banyak kesamaan konsep bisnis dengan Airy Rooms. RedDoorz selalu memberi jaminan di tiap akomodasi, berupa adanya Wi-Fi gratis, televisi satelit, air mineral, linen dan kamar mandi yang bersih, serta adanya peralatan mandi.

Kesamaan lain yaitu kamu bisa menemukan akomodasi penginapan RedDoorz di berbagai Online Travel Agent (OTA) seperti tiket.com, pegipegi.com, airbnb, dan lain sebagainya.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp100-500 ribuan. Sayangnya, harga yang ditampilkan di situs belum harga final. Harga asli akan tertera saat akan melakukan pembayaran. Kamu juga dapat langsung klik dan bayar tanpa bingung memilih tipe kamarnya. Kebanyakan jenis hotel yang ditampilkan berupa guest house atau kost exclusive.

Kekurangan RedDoorz dapat kamu temui di beberapa penginapan yang tidak mencantumkan lokasi yang benar-benar sesuai. Jadi, apabila kamu tidak beruntung, ada usaha lebih yang harus kamu keluarkan untuk menemukan alamat yang tepat.

Selain itu, RedDoorz juga tidak memperlihatkan review pengunjung sebelumnya, sehingga membuat bingung dalam menentukan pilihan.

3. ZEN Rooms

situs akomodasi
Via – dream.co.id

Situs akomodasi Zenrooms menyediakan pilihan penginapan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp100 ribu sampai harga premium yaitu Rp500 ribu ke atas dan sudah merupakan harga final.

Fasilitas yang disediakan yaitu WiFi, shower, AC, kamar bersih, air minum, pouch travel kit, dan perlengkapan mandi. Apabila kamu ingin memastikan kualitas fasilitas beserta pelayanannya, kamu bisa melihat rating dari pengunjung sebelumnya yang bisa kamu lihat di situs resmi ZEN Rooms.

Kekurangan ZEN Rooms yaitu mitra akomodasi yang tersedia belum sebanyak para kompetitornya, dan tidak terlalu sering memberikan promo diskon.

4. OYO Hotels

situs akomodasi
Via – Agoda

Oyo Hotels resmi hadir di Indonesia pada 18 Oktober 2018. Sebagai permulaan, OYO Hotels baru beroperasi di tiga kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Palembang, dengan jumlah mencapai 1.000 kamar hotel dan masih menyasar kota-kota lain pada 2019.

OYO Hotels menawarkan harga bersaing, mulai dari Rp 150 ribu dengan beberapa pilihan kategori yang bisa kamu pilih, antara lain: Oyo Hotels Budget, Premium, Flagship, dan dengan harga tertinggi pada kategori Capital O dengan harga mulai Rp 2,4 juta.

OYO Hotels juga menjamin bahwa seluruh mitranya memiliki standar fasilitas yang sama yaitu, WiFi, tempat tidur bersih, AC, TV, kamar mandi bersih dan perlengkapan mandi. Kamu juga dapat melihat penilaian pengunjung lain yang pernah datang, untuk memastikan kualitas layanan penginapan tersebut.

Kekurangannya yaitu, mitra OYO Hotels masih sedikit dan promo yang ditawarkan tidak terlalu besar dibanding para pesaingnya.

5. Airbnb

situs akomodasi
Via – Coastalliving

Airbnb merupakan aplikasi yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Perbedaan Airbnb dengan Virtual Hotel Operator (VHO) yaitu Airbnb hanyalah penyedia situs reservasi tanpa ikut mengelola penginapan yang telah tergabung di bawah naungannya.

Kelebihan menggunakan Airbnb adalah kamu bisa lebih leluasa memilih penginapan di berbagai negara, terutama negara yang memiliki akomodasi penginapan mahal seperti Eropa. Biasanya akomodasi Airbnb punya tambahan fasilitas dapur, mesin cuci, sampai kulkas, sehingga cocok buat kamu yang ingin tinggal beberapa lama.

Apabila beruntung, harga Airbnb juga bisa lebih murah dibandingkan hotel, apalagi jika hanya menyewa sebuah kamar di rumah orang. Kamu juga bisa memilih berdasarkan penilaian pengunjung sebelumnya yang telah tertera di website Airbnb.

Kekurangannya, sampai saat ini pembayaran Airbnb hanya bisa dilakukan dengan Kartu Kredit dan seringkali alamat yang dicantumkan tidak tepat sesuai lokasinya. Kamu juga hanya boleh berhubungan dengan host akomodasi melalui aplikasi Airbnb.


Nah, itu dia 5 situs akomodasi penginapan yang bisa buat referensi teman perjalanan kamu. Udah tahu kan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi rencananya kamu mau pilih yang mana untuk liburanmu?

Untuk tahu info aplikasi dan tips menghemat budget liburan lainnya, yuk baca artikel-artikel di Loyal Hackers sekarang!

0 Comments