Menu & Search
Rayakan Ultah ke-20, Oneworld Mulai Transformasi Digital

Rayakan Ultah ke-20, Oneworld Mulai Transformasi Digital

Oneworld telah meluncurkan transformasi besar-besaran dari aliansi global, saat memperingati 20 tahun peluncurannya. Langkah ini dirancang untuk meningkatkan nilai yang diberikan oneworld kepada pelanggan dan anggotanya.

Sebagai bagian dari transformasi, aliansi ini akan secara progresif memperkenalkan platform digital Oneworld baru yang akan fokus pada konektivitas tanpa batas bagi pelanggan yang terbang ke berbagai destinasi dan berbagai penerbangan, hanya menggunakan aplikasi seluler airlines yang dimiliki atau situs web, tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan atau log in ke berbagai situs web.

Melalui aplikasi atau situs web mereka sendiri, anggota aliansi bisa menghubungkan ke berbagai mitra aliansi Oneworld mana pun dengan kemampuan untuk check-in, mendapatkan boarding pass, menerima informasi dan pembaruan pada penerbangan, serta melacak barang bawaannya.

Layanan lain akan ditambahkan di masa depan seperti pemilihan kursi penuh, termasuk ketika pembayaran diperlukan, kemampuan untuk membayar bagasi tambahan, lokasi lounge, dan jalur prioritas melalui keamanan bagi mereka yang memenuhi syarat untuk menggunakannya.

BACA: Serbu, Tiket Murah di Cathay Pacific Travel Fair Februari 2019
BACA: Cathay Pacific Travel Fair 8-10 Februari 2019 (Bandung dan Medan)

Fungsionalitas ini difasilitasi oleh platform yang dikembangkan oleh Oneworld, yang secara internal disebut “carrierconnect”, yang memfasilitasi pertukaran data interline dalam format standar melalui aplikasi dan situs web penerbangan anggota untuk memberikan pengalaman digital yang lebih tinggi bagi pelanggan dalam mentransfer data antar aliansi penerbangan.

Cathay Pacific dan Qatar Airways adalah anggota Oneworld pertama yang memungkinkan pelanggan mereka menggunakan aplikasi atau situs web penerbangan untuk check-in dan menerima boarding pass untuk menghubungkan penerbangan di airlines mana pun.

Airlines lain di Oneworld akan ditambahkan secara progresif dalam 18 tahun ke depan. Karena semakin banyak operator yang terhubung ke platform, hal ini akan mencakup peningkatan jumlah transfer antara anggota oneworld. Ketika sudah terintegrasi semua, setiap perjalanan yang melibatkan koneksi antara dua atau lebih airlines anggota oneworld akan menjadi lebih mulus.

Oneworld Airlines, Sumber: www.oneworld.com

Konektivitas Tanpa Batas di Era Digital

Kemampuan tambahan yang akan dimasukan ke dalam platform juga dimulai tahun ini, termasuk informasi penerbangan dan status bagasi. Ke depannya, aliansi ini berencana memperluas kemampuan untuk membayar bagasi tambahan dan tambahan lainnya untuk penerbangan terkoneksi.

CEO Oneworld Rob Gurney mengatakan, “Peran aliansi global, seperti Oneworld, adalah untuk menghubungkan jaringan airlines, menjadikannya lebih mudah dan lebih bermanfaat bagi pelanggan untuk melakukan perjalanan ke banyak tempat di luar jangkauan satu operator. Platform digital kami yang baru menghadirkan konektivitas tanpa batas untuk kehidupan di era digital, menghadirkan perjalanan multi-airlines dan multi-sektor seperti yang seharusnya terjadi di zaman milenium sekarang ini.”

“Tiga perempat dari frequent flyer Oneworld menggunakan setidaknya satu aplikasi penerbangan. Setengah dari mereka memiliki setidaknya tiga aplikasi airlines pada perangkat seluler mereka, tetapi ada keinginan yang kuat untuk menggunakan hanya satu aplikasi tunggal untuk mencakup perjalanan yang melibatkan transfer antar airlines yang berbeda. Namun, hingga saat ini, teknologi untuk mendukung itu belum tersedia. Saat ini sudah ada, secara progresif di seluruh jaringan Oneworld.

“Dari percobaan dan riset konsumen yang telah kami lakukan sebagai bagian dari pengembangan ini, kami tahu pelanggan kami akan menyukainya,” kata CEO Oneworld seperti dilansir laman Future Travel Experience.

BACA: [Review] Plaza Premium Lounge in Terminal 3 Soekarno Hatta
BACA: 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi OVO

Lounge Oneworld di Bandara

Oneworld juga meningkatkan kegiatannya di bandara-bandara utama di seluruh dunia, dan akan memperkenalkan lounge bermerek yang dikelola aliansi pertamanya pada akhir tahun ini, setelah itu akan lebih banyak yang diluncurkan secara progresif.

Gurney menambahkan, “Dengan bekerja bersama, mungkin saja di beberapa lokasi anggota kami dapat menawarkan fasilitas yang lebih baik kepada pelanggan seperti ruang tunggu yang lebih besar dan lebih baik yang bisa dinilai lebih baik secara individual.”

Sejumlah bandara saat ini sedang mempertimbangkan untuk pengembangan lounge pertama “oneworld” dan dikelola oleh aliansi atas nama anggota airlines dengan lokasi yang pertama dijadwalkan akan diluncurkan pada 2019 ini.

Sementara itu, lokasi lounge di bandara-bandara utama di seluruh dunia yang dikelola oleh aliansi ini terus meningkat, termasuk proyek-proyek di Beijing, Sao Paulo, London dan Frankfurt.

Gurney melanjutkan: “Oneworld bertujuan untuk membawa anggota airlines-nya beroperasi di semua bandara di seluruh dunia dalam satu atap, hal ini dilakukan untuk memperlancar transfer bagi para penumpang antar airlines.”

“Kami bekerja pada peluang sekali seumur hidup di beberapa gerbang terpenting kami di Asia, Amerika, dan Eropa dengan tujuan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di setiap lokasi ini.”

Untuk informasi lain terkait loyalty program, yuk baca artikel lainnya di Loyal Hackers!

Share

0 Comments